Saturday, November 2, 2019

Jalan-jalan ke Slowakia: Serunya Main Ski di Snow Park Donovaly

Hidup dan tinggal di negara beriklim tropis tentunya agak mustahil jika kita mengharapkan adanya salju turun. Ya, paling di beberapa kota seperti Bandung, Bogor atau daerah dingin lainnya terkadang kerap dijumpai hujan es ketika cuaca sedang ekstrim. Untuk menikmati suasana baru, nggak ada salahnya jika kita mencoba berlibur ke negara dengan empat musim. Seperti Slowakia, misalnya. 

Jika ingin mencoba untuk berkunjung ke negara Eropa yang 'anti-mainstream', negara pecahan Cekoslowakia ini bisa menjadi salah satu pilihan negara untuk dikunjungi di Eropa Tengah, yang dikelilingi dengan negara-negara indah lainnya seperi Polandia di bagian Utara, Ceko di Barat Laut, Ukraina di bagian Timur, Hungaria di Selatan serta Austria di bagian Barat daya.

Namun sayangnya, rute penerbangan langsung ke Bratislava, ibu kota Slowakia ini masih sedikit jika dibandingkan dengan negara tetangga lainnya. Biasanya, gue ambil penerbangan dengan rute terdekat, yaitu Vienna, Austria. Dari sana hanya membutuhkan 30-45 menit untuk sampai di Bratislava dengan menggunakan kendaraan beroda empat, baik taksi, bus maupun mobil pribadi. Kereta pun bisa menjadi pilihan lain selain mobil.

Park Snow Donovaly

Kalau sudah merasa puas menjelajah ibu kota Slowakia, nggak ada salahnya kita main-main ke kota kecil lainnya di Bratislava, khususnya ketika musim dingin. Salah satunya ialah Donovaly. Menurut sejarah, pada abad ke 17 hingga awal 18, tempat ini merupakan pemukiman tua yang termasuk ke dalam wilayah teritori Banska Bystrica namun berubah menjadi kota Donovaly pada beberapa abad kemudian. Dan kini Donovaly disebut sebagai fasilitas ski terbesar di Eropa Tengah yang didedikasikan khusus untuk anak-anak.

Penginapan di Sekitar Donovaly

Letaknya tidak terlalu jauh dari ibu kota, membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2-4 jam dari Bratislava untuk menuju Donovaly dengan menggunakan mobil. Namun ketika salju turun, waktu tempuhnya akan menjadi lebih lama mengingat jalan yang berliku-liku dan menjadi licin akibat es. Terkadang, juga terjadi badai salju. Karena, Donovaly merupakan kota yang berada di bagian Barat dari Gunung Tatra Bawah (Low Tatra Mountain).

Bagi kalian yang gemar bermain ski atau sekadar ingin mencoba permainan ini, wajib mengunjungi Snow Park di Donovaly. Snow Park ini memiliki 25 km racer line dan 11 km piste atau jalur ski yang dibagi menjadi dua area, yakni Zahradiste dan Nova hol'a.

Area yang ramah anak

Area bagi pemain yang sudah advance

Zahradiste dikhusukan bagi pemula dan tingkat menengah, sementara Nova hol'a bagi tingkat menegah hingga lanjutan dengan jalur ski yang lebih curam dan menantang. Jika tidak ingin bermain ski, terdapat juga permainan lainnya seperti paragliding, snowboard, snow tubing, snow rafting, sliding board atau pun dog sledding, sebuah kursi yang ditarik oleh beberapa anjing.

Waktu itu, gue mencoba naik dog sledding dan itu seru banget! Walau sebenarnya kasian juga sama anjing-anjingnya yang mungkin keberatan. Di satu kursi itu bisa menampung sampai 5 orang dewasa. Gue naik berempat waktu itu, plus satu orang yang 'mengendarai' wahananya. Untuk naik wahana ini kalau salah dikenakan tarif sebesar 5 Euro atau sebesar Rp 75.000 dengan 1 kursnya adalah Rp 15.000.




Penyewaan Alat Ski

Penasaran pengin main ski atau snow board tapi nggak punya peralatannya, ya nggak usah sedih! Penyewaan peralatan ski pun tersedia di sini. Biaya peralatannya pun tergolong bersahabat, yaitu sebesar 17 Euro untuk dewasa dan 11 Euro untuk anak-anak. Untuk sekarang, bisa jadi ada perubahan harga karena biaya tersebut adalah biaya di tahun 2016.

Alat yang disedikan ialah tongkat, papan ski, helm serta sepatu. 
Sebelumnya lingkar kepala dan kaki kita akan diukur terlebih dahulu agar sesuai, karena keamanan serta kenyamanan sangat penting dalam permainan ini. Tongkat skinya pun akan disesuaikan dengan tinggi badan, jadi jangan khawatir kependekan atau kepanjangan.


Tempat penyewaan alat

Untuk pakaian sendiri, pakailah pakaian yang sekiranya paling nyaman tapi saran gue jarang terlalu tebal karena ternyata, walau suhunya bisa mencapai -20 tapi terasa gerah setelah main, karena berkeringat. Tapi kembali lagi, kalian yang paling tau tubuh masing-masing. Disesuaikan aja.

Di dekat area jalur ski pun terdapat cafe kecil yang bisa kita jadikan tempat untuk beristirahat sejenak sembari meminum cokelat panas dan nyemil kentang goreng. Cukup untuk mengganjal perut sebelum kembali bermain. Di luar area ski pun terdapat restauran, letaknya nggak begitu jauh dari tempat sewa peralatan. Salah satu restauran yang direkomendasi oleh teman nyokap. Dan memang, makannya enak-enak. Terlebih sup tomat mozarellanya, salah satu makanan khas di Slowakia. Abis dingin-dinginan makan sup itu, ah lezat banget! Ditambah dengan mozarella yang meleleh di tengah sup tomatnya. Dicoba, ya.

Drinking with a view
Bagi kalian yang ingin bermalam di sana pun terdapat beberapa penginapan yang terletak di sekitar Snow Park. Sayangnya waktu itu gue cuma pulang-pergi, nggak menginap. Untuk  yang mau pulang-pergi aja kaya gue, disarankan udah pulang dari Donovaly sebelum sore tiba. Karena disepanjang perjalanan pencahayaannya kurang memadai.

Pengalaman gue waktu itu, pas diperjalanan pulang tiba-tiba salju turun sangat deras dan sedikit badai. Jarak pandang jadi sangat pendek, ditambah dengan jalan yang lincin, deg-degan. Kebetulan gue konvoi mobil juga jadi bisa saling jaga satu sama lainnya.

Jangan lupa juga untuk selalu cek perkiraan cuaca, terlebih ketika musim salju. Karena badai salju bisa sewaktu-waktu datang dan kalian terjebak tidak bisa pulang, mengingat lokasinya yang berada di pegunungan jadi akan sangat berbahaya jika memaksakan pulang ketika waktu udah gelap, ditambah ketika adanya hujan salju.

Selalu utamakan keselamatan ketika berlibur, ya!






With love,

No comments:

Post a Comment