Monday, August 31, 2015

Karena Kamu Seberharga Uang

"Why do people love money when it's just paper? It has value. It works the same way with you, if you want to be loved, then be valuable." - Tiffany William

Sudah pernah dengar kutipan tersebut sebelumnya? Kutipan itu aku temukan dari Tumblr adik kelas yang ia reblog dari Tumblr lain. Mungkin beberapa dari kalian akan kurang setuju dengan kutipan tersebut, tapi, memang iya, alasan mengapa orang-orang menyayangi kita adalah, karena kita memiliki “nilai” dimata mereka, betul?
Tidak bisa dipungkiri, uang memang sangat bernilai bagi kita di jaman seperti sekarang ini. Sama halnya dengan diri kita sendiri.
Nilai dari uang terlihat secara jelas melalui nominal yang tertera pada setiap kertasnya (atau koin) , tapi bagaimana dengan nilai dari masing-masing individu?
Berbeda halnya dengan uang yang lebih mengutamakan kuantitas, kita, sebagai manusia dengan berbagai macam karakter tentu tidak melihat dari segi kuantitasnya saja.
Bukan kuantitas yang menjadi tolak ukur untuk menilai seberapa bernilainya kita dimata orang lain.
 Bukan kuantitas yang menjadi tolak ukur untuk menilai seberapa bernilainya kita dalam sebuah keluarga.
Dan, bukan kuantitas yang menjadi tolak ukur untuk menilai seberapa bernilainya kita dalam sebuah lingkungan masyarakat.
Lalu, bagaimana?
Kualitaslah yang menjadi tolak ukur untuk melihat dan mengetahui seberapa bernilainya kita bagi orang lain.
Kualitas diri.
Kualitas kita dengan Tuhan.
Kualitas kita dalam menghargai diri sendiri.
Kualitas kita dalam menghargai orang lain.
Kualitas kita dalam menjaga pertemanan.
Kualitas kita dalam menyayangi sesama.
Kualitas kita dalam bertutur kata dengan baik.
Kualitas kita dalam menjaga kepercayaan.
Kualitas kita dalam kejujuran.
Dan kualitas-kualitas lainnya yang membuat orang lain tidak memiliki alasan untuk tidak menyayangimu. Sama halnya dengan uang. Kita tidak memiliki alasan untuk tidak menyayangi uang. Seberapa pun lusuhnya, uang akan tetap memiliki nilai, karena uang adalah uang.






(repost from my original post: http://www.arthinkle.com/articles/detail/kamu-seberharga-uang)





With love,

No comments:

Post a Comment